home seputar gangguan lambung fucosid forum news&promotion about us contact
 
 
Maag Sudah Parah, Perlu Asupan Fucoidan

 

maag parahBanyak orang beranggapan, sakit maag bisa reda kalau lambung diisi dengan makanan. Anggapan itu tak sepenuhnya benar. Meskipun telah mengisi lambung dengan makanan, belum tentu nyeri di lambung langsung hilang. Bahkan, kadang-kadang malah bisa bertambah parah.

Maag terjadi karena membanjirnya kandungan asam di lambung dan kondisi mukosa lambung yang rusak (daya tahan mukosa lambung lemah). Nah, untuk menanggulanginya sudah tentu harus dengan menurunkan kadar asam itu dan memperbaiki mukosa lambung.

 

Penurunan kadar asam ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat jenis antasida. Obat ini mampu menetralkan asam lambung yang berlebihan sekaligus meredakan rasa nyeri pada lambung. Antasida mengandung campuran garam alumunium, magnesium, dan simetikon.

Cara kerjanya, garam alumunium dan magnesium akan mengikat asam lambung sehingga jumlahnya berkurang. Sedangkan kandungan simetikon berfungsi untuk membantu gas yang timbul karena asam lambung keluar dari saluran pencernaan. Sehingga tingkat keasaman (pH) di lambung jadi normal kembali di kisaran 3-4. Saat kadar asam lambung tinggi, ukuran pH di lambung bisa melorot ke angka 1-2.

Saat mengkonsumsi antasida tidak boleh dibarengi dengan makanan atau obat-obatan yang lain karena akan mengganggu efektivitas obat antasida sendiri maupun obat lain sehingga tujuan terapi tidak tercapai. Obat ini juga tidak dianjurkan dikonsumsi dalam jangka waktu panjang karena efeknya yang buruk terhadap ginjal.

Karena sifat dari antasida yang hanya mengurangi asam, setelah nyeri hilang, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi obat lain guna mengurangi produksi asam lambung yang berlebihan. Obat jenis proton pump inhibitor bisa menjadi rujukan. Obat ini dapat mengontrol produksi asam yang berlebihan di lambung.

Nah, jika ternyata maag sudah parah dan terjadi luka pada mukosa yang berfungsi melindungi dinding lambung, Anda perlu obat lain. Para dokter menganjurkan Anda mengonsumsi obat jenis sukralfat. Sukralfat ini merupakan turunan dari glukosa. Sukralfat bekerja dengan menempel pada selaput, sehingga terbentuk semacam lapisan yang berguna melindungi selaput mukosa lambung dari gesekan penyebab iritasi atau luka.

Tapi sukralfat ini hanya berfungsi melapisi saja, tidak menyembuhkan luka. Dengan demikian perlu produk lain yang dapat mengatasi masalah gangguan lambung secara menyeluruh.

Fucosid yang memiliki kandungan fucoidan dapat menjadi pilihan tepat untuk mengatasi luka (ulkus) pada lambung. Fungsi fucoidan selain melapisi dinding lambung juga bisa memicu percepatan degenerasi sel luka pada lambung sekaligus mematikan bakteri H.pylori dengan memakannya. Jadi bakteri H.pylori akan keluar dari sistem pencernaan maka Anda akan terhindar dari infeksi bakteri tersebut.

 

» Forum untuk sementara tidak dapat diakses